Sabtu, 14 November 2009

Chip Biometrix Passport

15.49 Posted by: Affrie Ramadhan 0 comments

Ditulis oleh Evan
Kamis, 25 September 2008 10:40

ditulis August 9, 2008

Passport baru yang didalamnya terdapat microchip yang didesain untuk perlindungan terhadap pencuri dapat dengan mudah dipalsukan. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bagaimana informasi pribadi dapat digandakan dan dimanipulasi dalam satu jam sebelum dimasukkan ke chip yang baru, berikut laporan The Times.

Surat kabar tersebut menunjukkan ?masalah keamanan? dalam sistem passport dengan meminta seorang peneliti untuk menggandakan chip ke dalam 2 buah passport negara Inggris dan menanamkan image digital milik Osama bin Laden dan pelaku bom bunuh diri. Chip yang telah diubah tersebut kemudian dideteksi dan dinyatakan asli oleh software pembaca chip yang digunakan oleh UN agency, organisasi yang mengatur standar e-passports. Pengujian menunjukkan biometric palsu dapat dimasukkan dalam passport kosong, selain itu, The Times mengingatkan tentang kejadian mengenai hilangnya 3000 passport kosong minggu kemarin.

Layanan identitas diri dan passport, Home Office yakin bahwa passport Biometric milik negara Inggris merupakan salah satu passport paling aman, dan tidak ada yang dapat memodifikasi atau merubah informasi didalam chip, jikapun bisa, maka akan terlihat di software reader.

Pengujian yang dilakukan oleh The Times dan dipimpin oleh Jeroen van Beek, pakar keamanan dari Amsterdam university, melakukan pengujian dengan menggunakan software buatan Van Beek sendiri, dimana kode programnya sudah tersedia untuk umum, card reader dan chip frekuensi radio. Dalam satu jam, Van Beek dapat menggandakan dan mengubah chip sehingga siap di tanamkan ke dalam passport.

Van Beek mengatakan,?Kami tidak mengklaim bahwa para teroris akan dengan mudah melakukannya pada semua passport hari ini ataupun besok. Namun, dengan adanya pengujian tersebut, akan meningkatkan perhatian ke masalah keamanan dimana butuh dibahas di forum yang lebih luas dan dalam jalur terbuka.?

Oleh : Arief Lukman
FTI - Universitas Atma Jaya

sumber dari beritanet.com

0 comments:

Posting Komentar

 


2009 BBB ( BukanBlogBiasa ). All rights reserved.
Powered by Beta Templates and Blogger.
Template and Icons by DryIcons.com