Sabtu, 14 November 2009

QR Code

15.50 Posted by: Affrie Ramadhan 0 comments

QR Code PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Evan
Jumat, 20 Maret 2009 11:58

qrcodeQR Code adalah quick response code.
Sistem pengkodean ini berasal dari Jepang yang dikembangkan oleh perusahaan Denso Wave sebuah anak perusahaan Toyota Jepang. Pada mulanya biasa digunakan untuk menyandikan barang-barang sparepart kendaraan bermotor tetapi akhirnya berkembang sampai ke berbagai produk-produk di Jepang mulai dari mainan, majalah, dan lain. bahkan sekarang sudah menyebar kesegala negara dan pemakaiannya bukan terbatas barang-barang komersil saja tetapi juga dicetak dikartu nama, bahkan tidak jarang yang menyantumkannya di halaman website (seperti gambar disamping ini) dan email.

Sistem QR (Quick Response) ini lain daripada sistem barcode yang biasanya kita temukan di bungkus-bungkus produk dalam negeri. meskipun tujuannya sama yaitu memberikan keterangan untuk sebuah produk/benda, tapi yang membedakannya yaitu QR code ini lebih luas pemanfaatannya dan lebih banyak karakter yang dapat di muat ketimbang barcode.

Kalau barcode menggunakan sistem pembacaan horisontal yaitu dari kiri ke kanan maka qr code ini membaca dari kiri atas ke kanan bawah, jadi qrcode dapat membaca secara horisontal maupun vertikal dan data yang dimuatnya pun jadi semakin banyak..
Bila barcode biasanya hanya memuat data-data sebuah produk maka qrcode dapat memuat data-data sebuah produk, nomor telepon, sms, alamat website, alamat email, dan dapat di kombinasikan diantaranya.

qrcode pun dapat di scan dari segala sudut, jadi misalkan kode tersebut terbalik menghadap tetap dapat discan karena qrcode ini memiliki sistem penyandian yang berbasis pada 3 kotak disudut kiri atas, kanan atas, dan kiri bawah. jadi dengan berpatokan pada ketiga kotak inilah qrcode dapat dikenali.

Lalu bagaimanakah kita dapat melihat kode-kode yang tercantum didalam qrcode ini? sebuah ponsel yang dilengkapi kamera sudah dapat menjawab pertanyaan ini. dengan program terinstal didalam ponsel seseorang dapat dengan mudah mengambil objek qrcode dengan kameranya lalu secara otomatis program langsung mengurai kode yang ada dan menampilkan hasilnya dilayar ponsel.

bayangkanlah dengan qrcode ini seseorang dapat langsung meng-scan kode dari kartu nama ataupun halaman website sipemilik dan ponsel seketika langsung menampilkan data sipemilik tersebut seperti nama, alamat, nomor telepon yang kesemuanya itu dapat langsung disimpan kedalam ponsel tanpa harus memencat tombol-tombol keypad untuk menuliskan nama serta alamat yang panjang.

bila anda tertarik untuk membuat qrcode untuk data pribadi anda sendiri silahkan buat di http://qrcode.kaywa.com

dan jangan lupa untuk mendownload kaywa reader untuk meng-scan qrcode dengan disesuaikan type ponsel anda tentunya.


Atau kunjungi http://www.quickmark.com.tw/En/basic/index.asp

0 comments:

Posting Komentar

 


2009 BBB ( BukanBlogBiasa ). All rights reserved.
Powered by Beta Templates and Blogger.
Template and Icons by DryIcons.com